logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tradisi Maulid Nabi di Lombok

Tradisi Maulid  Nabi di Lombok

            Perayaan maulid Nabi besar Muhammad SAW.secara rutin dirayakan oleh umat muslim khususnya yang ada di

Budaya

Tradisi Maulid  Nabi di Lombok

Tradisi Maulid Nabi di Lombok

Tradisi Maulid Nabi di Lombok

Astari Nadzira Khumaira
Oleh Astari Nadzira Khumaira
18 Juni, 2017 12:02:03
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 3542 Kali

            Perayaan maulid Nabi besar Muhammad SAW.secara rutin dirayakan oleh umat muslim khususnya yang ada di Lombok dengan berbagai tradisi dan cara-cara tersendiri di setiap desa atau wilayah tapi pada umumnya perayaan maulid Nabi banyak diisi juga dengan beragam kegiatan diantaranya adalah pengajian umum yang mendatangkan penceramah-penceramah para tuan guru atau para ulama yang memberikan pencerahan atau pengajaran kepada jama’ah kaum muslim dan muslimat di suatu desakampung  yang ada di masjid  tersebut.

           Selain itu juga perayaan maulid juga ditunjukkan atau ditandai dengan hataman al-Qur’an atau dalam  bahasa Lombok atau sasak disebut  dengan  namatang al-Qur’an yang diikuti oleh anak-anak usia dini khususnya yang pelajar SD ataupun SMP yang belum menamatkan al-Qur’ annya pada peringatan maulid  Nabi besar Muhammad SAW  biasanya dirayakan  di Lombok dengan  mengundang  keluarga, sahabat, kerabat untuk datang  berkunjung  kerumah masyarakat  yang  menyelenggarakan  perayaan maulid.

             kenalan mereka diundang  kerumah untuk  merayakan  peringatan  maulid dengan cara menyediakan berbagai jenis makanan  terutama makanan  berserta lauk-pauknya untuk menyambut para tamu atau undangan yang sudah di informasikan untuk merayakan acara maulid dirumahnya  sendiri  pertama  di jamu  dengan memakan nasi berserta lauk-pauknya seperti sate daging sapi,bisa juga berupa satte daging kambing,ataupun satte daging ayam selain itu ada juga makanan khas dari pada Lombok yakni bebalung, selain itu juga tidak kalah pentingnya ada makanan  khas Sasak yaitu  berupa pelecing.

            Kemudian pada tahap berikutnya setelah selesai memakan nasi serta lauk-pauknya kemudian para tamu disiapkan berupa jajan seperti jajan wajik,bolu kukus,peyek,pudding, dan masih banyak yang lainya. Kemudian disitu juga dicampur dengan beraneka buah-buahan  seperti buah apel,papaya,jeruk ,salak,dll.Setelah acara memakan jajan dan buah-buahan itu berakhir  kemudian  dilanjutkan dengan meminum segelas kopi atau teh cara para tamu undangan berpamitan kepada pengundangdan tidak lupa juga mereka  akan dibekali dengan berkat.

Baca Juga :


                Berkat ini adalah sebagai bentuk oleh-oleh atau buah tangan yang mereka dapatkan dari para pengundang yang berupa nasi dan lauk-pauknya,kemudian ada juga jajan khas sasak/Lombok yaitu opak-opak.seperti itulah penyelenggaraan maulid nabi besar Muhammad SWA yang ada di Lombok.Maulid ini sebenarnya sebagai wadah untuk silaturrahmi memperrerat hubungan antar keluarga antar masyarakat,teman,kerabat.Sehingga disitu akan ada komunikasi dan silaturrahmi yang baik maka persaudaraan,pertemanan akan semakin membaik. (Astari) -03



 
Astari Nadzira Khumaira

Astari Nadzira Khumaira

Nama: Astari Nadzhira Khumaira.Pelajar Kelas VII MTs. N 3 Mataram. Alamat Mavila Rengganis Blok D Bajur, Labuapi Lombok Barat. Motto: Kembangkan Bakat Menulis Sejak Dini.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan