logoblog

Cari

Tutup Iklan

Junjung Pasaji Dan Mangan Barema, Tradisi Sambut Ramadhan

Junjung Pasaji Dan Mangan Barema, Tradisi Sambut Ramadhan

KM Gempar. Junjung Pasaji Dan Mangan Barema merupakan salah satu tradisi Sumbawa yang sudah turun temurun dilestarikan oleh masyarakat Sumbawa dalam

Budaya

Junjung Pasaji Dan Mangan Barema, Tradisi Sambut Ramadhan

Junjung Pasaji Dan Mangan Barema, Tradisi Sambut Ramadhan

Junjung Pasaji Dan Mangan Barema, Tradisi Sambut Ramadhan

KM. Gempar
Oleh KM. Gempar
25 Mei, 2017 00:26:50
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 11494 Kali

KM Gempar. Junjung Pasaji Dan Mangan Barema merupakan salah satu tradisi Sumbawa yang sudah turun temurun dilestarikan oleh masyarakat Sumbawa dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan dan penyajian kepada tamu terhormat atau Bangsawan.

Junjung Pasaji dilakukan oleh kaum wanita menggunakan pakaian adat dengan cara menjunjung makanan atau sajian diatas kepala guna menjamu tamu terhormat atau bangsawan yang datang berkunjung. Junjung Pasaji oleh kaum wanita juga biasanya dilakukan secara bersama sama oleh seluruh masyarakat Desa pada satu tempat untuk menjamu kaum laki laki pada acara Mangan Barema (Makan Bersama) menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan atau Bulan Puasa.

Yang Unik pada tradisi ini yaitu makanan yang barenaka ragam hingga puluhan jenis serta dalam jumlah yang cukup banyak. berbagai makanan atau masakan seperti Ayam, Udang, Lele, Kepiting, hingga berbagai masakan olahan tradisional dari kelapa dan telur.

Junjung Pasaji Dan Mangan Barema melengkapi Pengukuhan Desa Tatede Kecamatan Lopok sebagai Desa Budaya pada Rabu, 25 Mei 2017 kemarin. Desa Wisata yang telah diresmikan ini berkomitmen untuk melestarikan tata nilai kehidupan sosial Budaya Masyarakat sekaligus meningkatkan nilai tambah dari kekayaan tersebut. Mengoptimalkan serta mengaktualisasikan potensi Seni Dan Budaya melalui peningkatan SDM, Kreatifitas seni pertunjukkan dan desain kerajinan Rakyat.

Baca Juga :


Sebagai satu satunya jalur akses dari Daerah Wisata Pegunungan Kecamatan Lantung, Desa Tatede Kecamatan Lopok akan menjadi potensi besar sebagai upaya peningkatan pendapatan Daerah melalui sektor Wisata Dan Budaya. Kemasan Budaya Dan Wisata saat ini mampu menjadi daya tarik Sumbawa untuk dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Program Pemerintah daerah dalam upaya mengangkat potensi Wisata Dan Budaya saat ini kian terasa. Maka dari itu, Peran Masyarakat Sumbawa untuk mendukung atau terlibat langsung dalam memajukan Sumbawa melalui sektor Wisata dan Budaya sangat diperlukan. ***Ryan Muammar () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan