logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tradisi "Bejango Bliq" di Songak

Tradisi

EVENT BEJANGO BLIQ 2016 MULAI DILIRIK KALANGAN LUAS KM. MASBAGIK. Desa Songak merupakan salah satu desa yang memiliki karakter tersendiri dari pada

Budaya

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
30 Desember, 2016 07:19:29
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 6673 Kali

EVENT BEJANGO BLIQ 2016 MULAI DILIRIK KALANGAN LUAS

KM. MASBAGIK. Desa Songak merupakan salah satu desa yang memiliki karakter tersendiri dari pada desa-desa lainnya. Hal itu dibuktikan dengan masih dipertahankannya berbagai kebiasaan atau tingkah laku warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan untuk lebih mengenalkan kepada masyarakat luas tentang adatnya, warga sekitar bersama tokoh adat dan tokoh masyarakat Desa Songaq membuat event tahunan yang bernama “Bejango Bliq”.

Bejango Bliq adalah suatu event yang dibuat untuk mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di luar Desa Songaq (yang mempunyai keturunan di Desa Songaq) untuk pulang berziarah mengunjungi sanak keluarganya. Kegiatan ini diprakrsai oleh seorang pemuda yang bernama Saeful Haqqul Yakin. Menurutnya kegiatan itu terjadi karena kegamangan melihat persoalan pemuda-pemuda Desa Songaq yang selalu aktif dalam media sosial facebook dan selalu mengupload hal-hal yang berbau negative. Dan ia menginginkan agar dalam suatu waktu para pemuda dapat membagi informasi tentang hal-hal yang berbau positif kepada orang lain.

Setelah mendapat ide untuk membentuk suatu event, ia mengajak para pemuda, tokoh-tokoh adat dan masyarakat untuk mengatasi persoalan yang dihadapai Saeful. Dan akhirnya tercetuslah untuk membuat kegiatan Bejango Bliq.

Acara Bejango Bliq telah memiliki 9 titik diasporas yaitu 4 lokasi di wilayah Mataram, 4 lokasi di wilayah Lombok Tengah dan 1 lokasi di wilayah Lombok Timur (selain Desa Songaq sendiri). Kegiatan ini telah dimulai sejak tahun 2012 dan Alhamdulillah bisa berjalan hingga saat ini. Pada tahun ini, Acara Bejango Bliq telah memasuki kali yang kelima dan panitia telah mengadakan berbagai kegiatan mulai dari lomba futsal, sarasehan budaya, pembacaan takepan sasak, pawai adat, dan Bejango Bliq. Kegiatan ini dimulai sejak awal bulan Desember dan puncaknnya berakhir pada tanggal 28 Desember 2016.

 

Baca Juga :


Beberapa kegiatan yang menjadi fokus penulis yaitu kegiatan sarsehan budaya yang digelar pada tanggal 26 Desember 2016 dengan mendatangkan para panel yang menggeluti bidang budaya.  Selanjutnya kegiatan pembacaan takepan sasak (Pupuh Pangkur/ Hikayat Nabi), dan pawai adat yang digelar pada tanggal 28 Desember 2016. Sebelum pawai dimulai terlebih dahulu diadadakan ritual adat yang bernama bejango buaraq yang artinya suatu kegiatan pelaporan panitia acara kepada tokoh adat dan kepala desa bahwa acara akan dimulai. Ritual dialnjutkan dengan melakukan dzikir dan doa terlebih dahulu di masjid kuno Al-Falah Desa Songaq setelah itu para warga masyarakat meminum air yang dibawa sembari membasuh muka masing-masing. Dan tetua adat akan memberikan tanda kuninng (Sembeq) kepada Kepala Desa, ketua BPD dan Kadus-Kadus. Sedangkan pada tanggal 29 Desember 2016 digelar acara puncaknya. Setelah itu dilakukan kegiatan dzikir dan doa di makam leluhur Desa Songaq dengan prosesi yang sama dengan yang dilakukan di masjid kuno.

Kegiatan puncak dimulai sejak subuh dengan diadakannya ritual selamet lowong dengan tujuan agar mendatangkan kesuburan tanah. Kegiatan tersebut dilakukan dengan cara menyembelih ayam di makam leluhur Desa Songaq kemudian mengolah dan memasak makanan di areal makam. Sisa dari air dan makanan tersebut nantinya akan dicampur terlebih dahulu dengan air yang belum dicampuri dengan tangan kemudian ditabur di ladang atau sawah ketika akan memasuki waktu magrib. Pada pagi harinya sekitar 9.00 Wita acara dimulai dan berakhir pada pukul 11.30 Wita. Kegiatan ini juga diiringi dengan berbagai kesenian tradisional Desa Songaq seperti Tambur Gong 3 dan Gendang Beleq. Salam dari kampung.

By_Andre D’Jails



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan