logoblog

Cari

Tutup Iklan

Persiapan Acara Maulid Adat di Lendang Nangka

Persiapan Acara Maulid Adat di Lendang Nangka

PERSIAPAN MAULID ADAT DI DESA LENDANG NANGKA KM. MASBAGIK. Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik. Umat islam kini telah berada pada salah satu

Budaya

KM Masbagik
Oleh KM Masbagik
09 Desember, 2016 04:43:43
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 11470 Kali

PERSIAPAN MAULID ADAT DI DESA LENDANG NANGKA

KM. MASBAGIK. Desa Lendang Nangka, Kecamatan Masbagik. Umat islam kini telah berada pada salah satu bulan yang sangat bersejarah yaitu bulan Rabi’ul Awwal yang merupakan bulan kelahiran dari junjungan alam Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Besarnya pengaruh beliau tentu wajib kita syukuri dan ingat bersama dengan melakukan Maulid.

Dalam acara Maulid biasanya akan dibacakan sirah  dan biografi kehidupan Nabi Muhammad SAW, mulai dari kelahirannya hingga wafatnya. Tidak jarang acara maulid ini diadakan dengan mendatangkan penceramah dari luar. Setelah acara selesai maka akan dilanjutkan dengan memberikan suguhan makanan yang dihidangkan kepada para peserta.

Khusus dengan pelaksanaan maulid di Pulau Lombok, ada dua jenis maulid yang diadakan yaitu maulid dengan mengadakan ceramah seperti yang dilakukan oleh kalangan masyarakat dan maulid adat yang dilakukan oleh hanya beberapa orang yang masih memasukkan unsur adat dalam acara tersebut. Di Desa Lendang Nangka sebagai salah satu desa wisata di Pulau Lombok selalu mengadakan kegiatan Maulid Adat yang dihadiri oleh tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan kalangan umum. Pada tahun ini puncak acara maulid adat akan diadakan pada hari Sabtu (Malam Ahad) tanggal 11 Desember 2016 bertepatan dengan tanggal 12 Rabi’ul Awwal 1438 Hijriah. Mulai dari tanggal 8 Desember 2016 telah dilakukan berbagai persiapan yaitu dengan membersihkan berbagai perlengkapan yang akan digunakan pada hari puncak di mata air Tojang Desa Lendang Nangka.

 Berbagai perlengkapan yang dibersihkan itu yaitu bokor, gorden, tulang mangga yang semuanya merupakan peninggalan putra mahkota Selaparang Islam Raden Mas Panji Tilar Negare.  Sebelum dilakukan pembersihan terlebih dahulu para keturunan Raden Mas Panji melakukan dzikir dan do’a terlebih dahulu kemudian dilakuan pemotongan ayam tepat di atas perlengkapan yang akan dibersihkan tersebut. Setelah itu, satu persatu perlengkapan tadi dibersihkan di pemandian sumber mata air tersebut. Acara pembersihan pusaka ini berlangsung selama kurang lebih satu jam mulai dari jam setengah lima hingga jam setengah enam.

 

Baca Juga :


Penulis mengajak seluruh para pembaca dan pecinta adat untuk mari kita sama-sama menghadiri acara tahunan ini, karena panitia dari Kuri Dalem Selaparang akan menggelar kegiatan besar-besaran untuk tahun ini. Terlebih lagi setelah Balai Arkeologi Bali telah mengesahkan Kuri Dalem Selaparang sebagai salah satu Rumah Peradaban di Indonesia bagian timur. Acara puncak akan berlangsung hari sabtu tanggal 11 Desember 2016 mulai dari pukul 13.00 Wita hingga pukul 22.00 WITA. Salam pergerakan dari kampung.

By_Andre D’Jails () -03



 
KM Masbagik

KM Masbagik

Nama: Andre Kurniawan, S. Pd. TTL: Kesik, 01 April 1990. Alamat: Desa Kesik Kecamatan Masbagik. Pekerjaan: Swasta. No. HP: 082340354845. Email: Andrejail17@yahoo.com.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan