logoblog

Cari

Tutup Iklan

Komunitas Pecinta Budaya

Komunitas Pecinta Budaya

KM Makembo. Majelis Kebudayaan Mbojo awalnya bernama Majelis Kesenian Mbojo.Lembaga kebudayaan ini dibentuk tanggal 07 Januari 2015. Sejak dibentuk, Makembo langsung

Budaya

KM. Makembo
Oleh KM. Makembo
03 Desember, 2016 09:59:35
Budaya
Komentar: 1
Dibaca: 13345 Kali

KM Makembo. Majelis Kebudayaan Mbojo awalnya bernama Majelis Kesenian Mbojo.Lembaga kebudayaan ini dibentuk tanggal 07 Januari 2015. Sejak dibentuk, Makembo langsung menggelar berbagai event seni dan budaya antara lain lomba mewarnai untuk anak-anak TK dan SD se-Kota Bima, pemetaan potensi kesenian di Wawo, Sambori, Donggo dan di Kota Bima, peluncuran Novel Tambora 1815, kemitraan mendukung Festival Budaya Islam, Pemutaran Film-film pendek kerja Sama dengan Komunitas Mecidana dan Festival Sangiang.  Khusus kegiatan Tambora Menyapa Dunia 2015, Makembo dipercaya oleh Balai Arkeologi Denpasar dan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Propinsi NTB melaksanakan kegiatan Lomba Mewarnai Gunung Tambora untuk anak-anak TK dan SD se kota Bima sampai tahun 2016 ini.

Setelah merubah kata “ Kesenian” dengan Kata “ Kebudayaan” pada nama Makembo, seluruh pengurus sepakat menerbitkan AKTE NOTARIS Nomor 35 Tahun 2015, tanggal 28 Agustus 2015 dengan nama “ KOMUNITAS BUDAYA MAJELIS KEBUDAYAAN MBOJO “.Disamping itu, Makembo juga telah menerbitkan Rekening pada Bank NTB dengan nomor 005.22.12405.10-4. Makembo telah melengkapi kepengurusan. Struktur kepengurusan adalah Majelis Penasehat, Majelis Pakar, 1 orang Ketua, 2 orang wakil ketua, Sekretaris, Wakil Sekretaris dan Anggota-anggota. Para anggota membidangi dan menjadi koordinator Keuangan, Pengkajian Dan Pengembangan, Humas,  Publikasi dan  Dokumentasi,Seni Budaya Tradisional, Seni budaya Moderen Dan Kontempores, Perfilman, Seni Budaya Islam, Kerajinan Dan Kreasi, Seni Sastra, Seni Rupa, Kuliner dan Tata Busana, Kaderisasi dan Sumber Daya Manusia, Seni Teater, serta Hukum Dan Advokasi.

Makembo memiliki visi budaya mbojo yang lestari, Mbojo Lestari adalah sebuah cita-cita yang akan dicapai oleh Makembo dalam melestarikan nilai-nilai,tradisi dan budaya luhur masyarakat Bima sebagai sebuah identitas budaya dan karakter masyarakat Bima dan masyarakat dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Sedangkan misinya antara lain pengkajian dan penelitian sejarah dan budaya mbojo, menjalin kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah dan elemen seni budaya lainnya, pemetaan potensi seni budaya dan situs sejarah mbojo, mengangkat dan mempromosikan potensi alam, wisata dan seni budaya mbojo serta melaksanakan event-event seni dan budaya mbojo.

Semoga dengan adanya komunitas ini bisa berbagai informasi dan cerita bagi para pembaca dan pencinta budaya dimana saja berada, salam budaya.

Beberapa dokumen kegiatan:

 

Baca Juga :




 
KM. Makembo

KM. Makembo

Pemimpin/Penanggungjawab : Ruslan. S.Sos ( Alan Malingi ) Bidang Pubdok/Kampung Media Ketua : Rahmat Hidayatullah Wakil Ketua : Dedy Kurniawan Sekretaris : Badrunsyah

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Asyiffahnisa

    Asyiffahnisa

    04 Desember, 2016

    Makembo adalah bagian cerita perjalanan hidup. :-)


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan