logoblog

Cari

Pentas Seni Derama Marong

Pentas Seni Derama Marong

KM. Sajang Bawak Nao _ Pentas seni Derama Marong dipentaskan di Desa Bilok Petung, pentas seni ini digelar untuk memeriahkan acara

Budaya

KM. Sajang Bawak Nao
Oleh KM. Sajang Bawak Nao
28 Juli, 2016 12:27:46
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 24985 Kali

KM. Sajang Bawak Nao _ Pentas seni Derama Marong dipentaskan di Desa Bilok Petung, pentas seni ini digelar untuk memeriahkan acara adat ngawinang kok membulu kok di Desa Bilok Petung.

Acara adat tersebut dimana penyerahan kirangan yang sudah dijanjikan kepada mempelai perempuan, dimana mempelai laki-laki tersebut memberikan seserahan sapi yang sudah di janjikan tersebut.

 

Utuk memeriahkan acara tersebut epen gawe atau yang sedang mengadakan syukuran memngundang derama Marong yang menghibur penduduk setempat dan para wisata budaya yang datang, pagelaran Derama tersebut masih banyak yang menggemari dan meminati pentas Derama Marong tersebut.

Derama Marong yang dipentaskan masih menggunakan adat budaya sasak asli. Keaslian tersebut kita bisa melihat dari jenis tarian, pakaian dan alat music yang masih menggunakan music gendang belek, kemudian bahasa juga yang digunkaan masih menggunakan bahasa sasak dan di gabung dengan bahasa Indonesia.

Penonton yang hadir pada acara tersebut cangat lah padat sehingga memenuhi lapangan pentas seni tersebut, sampai para penonton bersesakan.

 

Baca Juga :


Pentasan derama marong yang ditampilkan mengisahkan tentang kerajaan yang mengadakan sayembara untuk mencari pasangan untuk sang putrinya, karena kedua putrid sang raja belum memiliki pendaping.

Untuk mencari pendamping hidup putrid raja maka patih dari kerajaan tersebut mengadakan sayembara besar-besaran, dimana sayembara tersebut berisi barang siapa yang mampu mengangkat keris tersebut maka dialah yang menjadi pemenang sayembara tersebut.

Sigkat cerita sayembara tersebut dimenangkan oleh Raden Panji yang menyamar sebagai cecunguk tua Bangka yang tidak memeiliki tenaga, jangan kan untuk mengangkat keris untuk berdiricaja raden panji tak kuasa “dalam penyamaran”, akan tetapi sangat tidak disangka bahwa dialah yang menjadi pemenangnya.

Setelah raden panji menang akhirnya dia membuka penyamaran tersebut yang awalnya dari kakek tua menjadi pemuda tampan yang gagah perkasa.