logoblog

Cari

Tutup Iklan

Wuku Munigarim

Wuku Munigarim

KM. Sukamulia - Dalam Kalender Rowot Sasak dikenal Wuku, dimana wuku adalah petunjuk yang memberitahukan mengenai pengaruh posisi Rasi Bintang Rowot

Budaya

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
19 Juni, 2016 11:19:47
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 18759 Kali

KM. Sukamulia - Dalam Kalender Rowot Sasak dikenal Wuku, dimana wuku adalah petunjuk yang memberitahukan mengenai pengaruh posisi Rasi Bintang Rowot terhadap pristiwa-pristiwa yang terjadi di permukaan bumi, watak panas, hati-hati pada waktu-waktu yang berbahaya (medangsie: bahasa Sasak). Terkait dengan hal tersebut, Rowot Rontal selalu menginformasikan Wuku yang terkandung pada setiap minggu dalam perhitungan Kalender Rowot Sasak. Nah pada minggu ini (19 Juni sampai dengan 25 Juni 206) jatuh Wuku Munigarim.

Mengenai Wuku Munigarim, Rowot Rontal Nusantara telah menjelaskannya di dalam Kalender Rowot 2016. Wuku ini memiliki karakter gerah uripe, aktif tetapi tenang, suka bersemedi. Anak yang lahir pada wuku ini berilmu tinggi dan dihormati orang (Sumber: Kalender Rowot Rontal 2016 M/1437-1438 H).

Pada informasi yang disampaikan oleh Rowot Rontal, Wayah Kembang Dje menyampaikan hasil membaca Papan Warige Wuku. Hasil bacaanya itu kemudian disampaikan kepada pengurus Lembaga Rowot Nusantara dan Rowot Rontal beserta pengurus lainnya membagikan informasi tersebut melalui halaman facebook mereka masing-masing. Tujuan utama disampaikannya informasi wuku tersebut adalah agar public mengetahui karakter hari yang berlaku selama satu minggu terahir.

Nah, sebagaimana telah disampaikan tadi pada minggu ini (19 Juni s/d 25 Juni 2016) jatuh Wuku Munigarim yang artinya bahwa pekan ini dipengaruhi oleh suasana Pagering Jabapating Narendra (walaupun dipagari dari luar namun ada saja yang menyebabkan pertahanan dapat ditembus).

Pada pekan ini terdapat Kale Bulan Rabu – Kamis yang artinya pada pekan ini, hari-hari selain Kale Bulan diwarnai hari berat dan tidak jelas yang walaupun pada dasarnya hari-hari itu memiliki nilai bawaan baik. Pada pekan ini kita dianjurkan untuk banyak-banyak melakukan tafakkur. Untuk masalah kehidupan sehari-hari, pekan ini baik untuk membuat pagar pekarangan. Dan sebaiknya menghindari perjalanan ke arah timur.

 

Baca Juga :


Anak yang lahir pada Wuku Munigarim ini berilmu tinggi dan dihormati oleh orang banyak, ia memiliki karakter yang kuat atau tahan ujian. Nah untuk pekan ini kita dianjurkan untuk memperbanyak bacaan salawat, surat Al-Ikhlas, dan surat Ya-Sin.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan karakter Wuku yang terkandung pada pekan ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sesungguhnya hanya Allah yang maha kuasa atas segala sesuatu dan kita sekalian hanyalah hamba yang tiada daya dan memiliki pengetahuan yang lemah. Untuk itu, infomasi ini disampaikan hanya sekedar untuk memberikan pengetahuan kepada kita sekalian mengenai hal-hal yang kira-kira akan terjadi selama pekan ini dan hal apa saja yang sebaiknya kita laksanakan supaya kita sekalian mendapatkan rahmat dan ridho dari Allah SWT (Sember: Fb-Rowot Rontal).

_By. Asri The Gila_ () -03



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan