logoblog

Cari

Mitos La Gunti Rante Yang Sakti

Mitos La Gunti Rante Yang Sakti

La Gunti Rante adalah pusaka yang dibuat pada jaman Kerajaan Majapahit berkuasa di Nusantara. La Gunti Rante parang sakti mandraguna yang

Budaya

KM Samparaja
Oleh KM Samparaja
08 Juni, 2016 01:02:22
Budaya
Komentar: 1
Dibaca: 76576 Kali

La Gunti Rante adalah pusaka yang dibuat pada jaman Kerajaan Majapahit berkuasa di Nusantara. La Gunti Rante parang sakti mandraguna yang pernah dimiliki oleh Kerajaan Bima dimana parang inilah yang nantinya justru membantu Raja-raja Bima berperang. Parang La Gunti Rante merupakan sebilah Parang pusaka yang diberikan oleh Kerajaan majapahit kepada Raja Bima pertama, sebagai simbol tampuk kekuasaan di bawah naungan Majapahit.

Ukiran-ukiran parang La Gunti Rante bersala dari ukiran Majapahit, parang ini terbuat dari kombinasi Emas, Perak dan Besi. Dan dimana di ujung parang terdapat ukiran singa yang mirip dengan patung di candi-candi Majapahit, dimana kepercayaan Jawa Kuno adalah simbol kesaktian.

Parang La Gunti Rante terkenal dengan kemistisannya yang sangat kental dengan kepercayaan orang Bima zaman dulu. Mahluk gaib yang juga disebut Parafu tersebut berada pada dimensi imajiner sehingga bagi orang-orang tertentu (yang dapat memasuki dimensi imajiner) dapat melihatnya. 

Mahluk inilah (Parafu) yang mempengaruhi kekuatan sebuah benda-benda pusaka yang tidak bergantung pada jenis material yang diaplikasikan. Dengan kekuatan tersebut maka sebuah pedang atau keris mampu untuk mempengaruhi emosional si pemilik/pemegang keris tersebut, seperti menjadi lebih pemberani.

 

Baca Juga :


sebutan La Gunti Rante ini karena kesaktian yang dimiliki parang tersebut sangat tinggi karena konon katanya La gunti Rante banyak di isi dengan mahluk gaib, sehingga mampu memutuskan besi atau menebas pohon hanya dengan satu kali tebas. La Gunti Rante juga mempunyai kosmos kekuatan magis yang mempengaruhi keuasaan seorang Raja.

Karya seni pusaka orang Bima ini mungkin adalah yang terbesar di antara pusaka yang yang ada di antara pusaka lain. Pusaka ini tak diperjualkan melainkan hanya sebagai barang koleksi oleh pihak museum Asi Mbojo. La Gunti Rante hanya bisa di lihat di ruang koleksi Museum Asi Mbojo di Kota Bima. [] - 05



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    09 Juni, 2016

    ada keris begini di rumah tante saya: ada yang berukir emas, operak, nikell, dan perunbggu...sakti juga...tiap malam jumat diberi sesajian...di wajo-sengkang sul-sel


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan