Cari

Tutup Iklan

Acara Gawe Beleq Digelar IPMLU Yogyakarta

Acara Gawe Beleq Digelar IPMLU Yogyakarta

Yogyakarta - Pejabat Bupati Lombok Utara, H. Ashari, SH, MH, Sabtu malam, 21/11/15 membuka acara gawe beleq di Yogyakarta. Acara tersebut digagas

Budaya

Acara Gawe Beleq Digelar IPMLU Yogyakarta

Acara Gawe Beleq Digelar IPMLU Yogyakarta

KM Primadona FM
Oleh KM Primadona FM
23 November, 2015 11:36:21
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 3045 Kali

Yogyakarta - Pejabat Bupati Lombok Utara, H. Ashari, SH, MH, Sabtu malam, 21/11/15 membuka acara gawe beleq di Yogyakarta.

Acara tersebut digagas Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Lombok Utara (IMPLU) yang sedang belajar di Yogyakarta dan cukup menarik perhatian masyarakat yang sedang berwisata di jalan Malioboro Yogyakarta.

Gawe Beleq ini berlangsung di monumen serangan 1 Maret atau sering disebut monumen Yogyakarta, diawali dengan perisaian dan kirab yang dilakukan panitia dan IPMLU dengan mengenakan pakaian khas Lombok.  

Ketua panitia, Agus Jasmani mengatakan, kegiatan ini digagas oleh mahasiswa dengan tujuan untuk mensosialisasikan adat budaya Lombok, khususnya Lombok Utara kepada masyarakat Yogyakarta.

Kegitan tersebut bertemakan "Gawe Beleq Rahayu Mel Bao". "Tujuan kita selain untuk mengokohkan persaudaraan juga untuk memajukan budaya KLU serta menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya", jelas Agus Jasmani.

Sementara pejabat Bupati KLU, Ashari minta agar semua lapisan masyarakat dapat menjaga budaya indonesia sehingga tidak tergeser oleh budaya lain.

Baca Juga :


Negara Indonesia, kata Ashari, sangat kaya akan budaya dan adat istiadat yan harus dipertahankan. "Jangan sampai budaya yang telah ada dan bertahan saat ini tergerus oleh budaya modern yang tidak sesuai dengan norma-norma kemasyarakatan dan juga norma sosial” ungkapnya

Khusus untuk mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Lombok Utara yang menimba ilmu di yogyakarta agar senantiasa terus dapat mempertahankan adat dan budaya yang telah dipegang teguh oleh masyarakat KLU, dan juga meperkenalkan kepada kalayak ramai sehingga dapat menarik minat mereka untuk berkunjung dan menyaksikan keelokan tradisi yang ada.

Selain acara perisaian, juga digelar  pementasan tari Sireh, tali Bala bisok Beras, tari gandrung, Tari Bala Anjani, Gegerok tandak, tari Rantok, suling dewa dan cupak Gerantang serta pementasan drana putri Cilinaya.(Bayu/primadona) - 05

 



 
KM Primadona FM

KM Primadona FM

Primadona FM merupakan sebuah nama radio komunitas yang terletak di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, dan berdiri pada tanggal 28 Agustus 2002

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan