logoblog

Cari

Tutup Iklan

Fumpu Dan Nggala

Fumpu Dan Nggala

Semalam saya duduk di beranda rumah salah seorang petani di Penatoi. Kita berbincang tentang hujan perdana yang mengguyur kota Bima senja

Budaya

alan malingi
Oleh alan malingi
07 November, 2015 07:44:27
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 4271 Kali

Semalam saya duduk di beranda rumah salah seorang petani di Penatoi. Kita berbincang tentang hujan perdana yang mengguyur kota Bima senja kemarin. Meski hanya ringan dan beberapa menit, namun cukuplah  menjadi obat dahaga masyarakat yang telah beberapa bulan terakhir merindukkannya.Sambil memotong rumput untuk pakan sapi, Sang kakek itu bertutur tentang tanda-tanda masuknya musim hujan dan kemarau.

“ Fumpu labo Nggala waura wara edaku ta ele ka.” (Fumpu dan Nggala sudah Nampak di langit timur)

“ Auku ao na adere ? “ (Apa maksudnya Fumpu Dan Nggala?). Tanyaku.

            Fumpu adalah kumpulan tujuh bintang yang biasa tampil di langit timur pada sekitar pukul Sembilan malam. Fumpu berkumpul di dekat kumpulan bintang lainnya yang dikenal oleh masyarakat Bima dengan NGGALA atau Bajak. Jika muncul Fumpu dan Nggala, hal itu berarti musim hujan dan musim tanam telah tiba. Demikian juga yang menandai datangnya musim kemarau. Fumpu dan Nggala akan muncul di waktu subuh bahkan sampai pagi hari.               

 

Baca Juga :


Fumpu dan Nggala merupakan hasil dari imajinasi dan kreatifitas masyarakat saat melihat formasi bintang di langit malam. kreatifitas mereka menggunakan bintang sebagai penanda musim terabadikan pada nama rasi bintang dilangit malam. Nggala memiliki nama internasional rasi orion, disebut sebagai lintang waluku karena formasi bintang yang mereka lihat mirip seperti mata bajak yang berguna untuk membajak sawah.

Alam sesungguhnya telah memberikan tanda tentang segala kehidupan di muka bumi. Dari tabiat dan rutinitas alam, manusia menyelidiki dari waktu ke waktu dan lahirlah kreatifitas untuk memprediksi segala sesuatu yang terjadi, termasuk tanda-tanda musim hujan dan kemarau. Hal itu terjadi secara turun temurun dari generasi ke generasi. Bintang, bulan,langit dan matahari tentu tidak hanya benda angkasa yang beredar sesuai khitahnya, tetapi juga member tanda kepada manusia tentang apa yang sedang dan akan terjadi. () -01



 
alan malingi

alan malingi

blogger dan penulis asal Bima-NTB. Kontak : 08123734986-0811390858. Kunjungi juga www.bimasumbawa.com dan www.alanmalingi.wordpress.com.Facebook, WA, Twitter dan Instagram Alan Malingi.

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan