logoblog

Cari

Tradisi Membuat Loi Kadara Jelang Musim Hujan

Tradisi Membuat Loi Kadara Jelang Musim Hujan

Loi Kadara adalah jamu yang terbuat dari tepung beras, lalu disuguhkan dengan gula yang sudah dicairkan, dan rempah-rempah pilihan termasuk obat

Budaya

KM rasanaebarat
Oleh KM rasanaebarat
29 September, 2015 09:56:34
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 23579 Kali

Loi Kadara adalah jamu yang terbuat dari tepung beras, lalu disuguhkan dengan gula yang sudah dicairkan, dan rempah-rempah pilihan termasuk obat herbal. Jamu ini biasa dibuat bila memasuki musim hujan, karena pada menjelang musim hujan ini bisa untuk menjaga stamina tubuh dari dingin serta juga mengobati beberapa penyakit seperti rematik dan pegal-pegal.

Di Kelurahan Sarae, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima tradisi membuat Loi Kadara menjelang musim hujan masih dijalani, warga pun silih berganti membuat jamu ini meskipun tidak pada musim hujan jika ada yang pesan untuk obat. Karena dalam tradisi kepercayaan masyarakat Bima, menjelang musim hujan saat pergantian cuaca banyak yang sakit atau badan pegal-pegal.

Tradisi ini ialah suatu kegiatan yang sejak lama telah dilakukan  dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dulu hal kesehatan, pembuatan Loi Kadara terus dilakukan oleh para tetua dan diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.

Membuat Loi Kadara tersebut memang sudah ada sejak zaman nenek moyang dahulu. Meski tidak di wajibkan, hanya saja tradisi yang sudah melekat ini masih dilakukan masyarakat tidak hanya di Kota Bima, tetapi juga di Wilayah Kabupaten bima. Membuat Loi Kadara juga tidak diharuskan bagi seluruh masyarakat tak terkecuali bagi masyarakat dari kalangan ekonomi menengah sampai atas. Loi Kadara yang herbal ini banyak ditemui di sejumlah pasar tradisional.

 

Baca Juga :


Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi herbal, tampaknya tidak cukup sulit untuk mencari di beberapa pasar Bima. Pada saat menjelang musim hujan banyak masyarakat Bima yang masih menjaga tradisi membuat Loi Kadara tersebut untuk dibagikan kepada saudara, keluarga hingga tetangga sekitar. [] - 01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan