logoblog

Cari

Silaturrahmi Budaya di Pesantren

Silaturrahmi Budaya di Pesantren

Ba`da Shalat Tarawih dan Witir, Repok (Kampung) Naga, Desa Tanak Beak, Kec. Narmada, Lombok Barat (Lobar) Selasa Malam (23/6), 7 Ramadhan

Budaya

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
25 Juni, 2015 14:23:42
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 9906 Kali

Ba`da Shalat Tarawih dan Witir, Repok (Kampung) Naga, Desa Tanak Beak, Kec. Narmada, Lombok Barat (Lobar) Selasa Malam (23/6), 7 Ramadhan 1436 H, dipenuhi santri dan masyarakat. Kehadiran mereka di tempat Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah Nahdlatul Wathan (NW) Tanak Beak Narmada tersebut untuk menyaksikan satu pertunjukan budaya yang diberi nama Silaturrahmi Budaya. Acara yang dipersembahkan Djarum Coklat ini tidak tanggung-tanggung menghadirkan artis nasional Andi Fadly Arifuddin atau yang lebih dikenal sebagai Fadly Padi, vokalis utama dari grup band Padi, Budayawan Dr. Al-Zastrouw dan Kesenian Ki Ageng Ganjur dari Yogyakarta.

TGH. Khalilurrahman Djuaini Muchtar, M.Ag., pendiri dan pemimpin Ponpes Darul Hikmah NW menjelaskan, selain Darul Hikmah NW, Silaturrahmi Budaya ini juga telah dan akan dilaksanakan ke Ponpes Nurussobah NU, Al-Mahsunan Hidir NU dan Darun Nahdlatain NW Pancor.

“Tujuannya untuk mempererat tali silatrrahmi ponpes-ponpes yang memiliki kepedulian terhadap masalah budaya,” ujar tuan guru alumnus Ilmu Filsafat Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Magister Agama Islam Al-Akidah Jakarta ini.
Fadly Padi dengan suara merdunya, diselingi penyanyi-penyanyi lainnya, mensenandungkan beberapa lagu termasuk duet-nya dengan Mahir Zain “Inshaa Allah” yang diiringi irama musik Ki Ageng Ganjur. Sementara Budayawan Dr. Al-Zastrouw berpasangan dengan Fairuz Abadi alias Abu Macel menyampaikan dakwah-dakwah dengan cerita-cerita yang sangat unik dan menarik membuat hadirin terkesima sekaligus terpingkal. 

Acara ini juga menghadirkan penyanyi lokal Vandekok, juga TGH. Hasanain Djuaini, Lc., MH., dan beberapa tokoh agama dan pemuka masyarakat lainnya. “Kita ditantang oleh Tuan Guru Hasanain, masak kita tidak bisa membuat yang sejenis Ki Ageng Ganjur,” ujar TGH. Khalil dengan menyebutkan bahwa kita di Lombok juga memiliki kebudayaan dan kesenian serta orang-orang seperti Abu Macel, dan lain-lain.

 

Baca Juga :


Dalam pertunjukan hingga pukul 24.00 Wita tersebut, juga diberikan souvenir berupa Batu Akik kepada Fadly Padi dan Dr. Zastrouw oleh TGH. Khalilurrahman.

“AKIK bagi kami memiliki kepanjangan Aktif, Kreatif, Inovatif dan Kompetitif,” ujar TGH. Khalil sambil menyerahkan sejumlah Batu Akik bercangkang naga kepada Dr. Zastrouw dan Batu Akik Sulaiman kepada Fadly Padi. Dari pihak Djarum Coklat juga memberikan sumbangan sebuah laptop untuk Ponpes Darul Hikmah NW. (Bus, wardi) - 05



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan