logoblog

Cari

Tutup Iklan

Doa Dana, Tradisi Syukuran Masyarakat Bima

Doa Dana, Tradisi Syukuran Masyarakat Bima

Do`a Dana merupakan tradisi yang dilakukan menjelang panen padi, sembuh dari sakit dan ulang tahun hari lahir, hingga saat ini tetap

Budaya

KM Samparaja
Oleh KM Samparaja
24 Februari, 2015 08:12:59
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 35135 Kali

Do`a Dana merupakan tradisi yang dilakukan menjelang panen padi, sembuh dari sakit dan ulang tahun hari lahir, hingga saat ini tetap di lestarikan oleh masyarakat Bima. tradisi tersebut sebagai ungkapan syukur kepada Yang Maha Kuasa, di tandai dengan makan bersama yang di gelar di tengah jalan, biasanya makanan yang di sajikan berupa bubur atau yang disebut oha karedo atau makananoha santa dengan ayam bakar.

Tradisi ini sudah hampir punah, dan makin sedikit petani atau orang yang menyelenggarakan tardisi sebagai bentuk rasa syukur itu. Tradisi Do`a Dana terus dipertahankan warga yang masih memegang teguh adat istiadat leluhur untuk melestarikan tradisi Do`a Dana ini.

Sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang melimpah atau mendapatkan rizki, Do`a Dana diawali dengan mengundang seluruh warga dewasa maupun anak-anak, duduk melingkar kemudian membacakan do`a dan dzikir bersama, setelah Do`a dan dzikir di lakukan baru itu bubur atau makanan di keluarkan untuk makan bersama.

 

Baca Juga :


Do`a Dana selain mengandung keutamaan do`a dan dzikir bersama, disediakannya makanan dalam berbagai menu adalah dalam rangka mewujudkan rasa syukur kepada yang Maha Kuasa atas segala macam nikmat yang diberikan kepada manusia untuk saling berbagi kepada sesama. Sebagai rasa terimakasih atas segala pemberian dari Maha Pencipta tersebut maka oleh masyarakat dibuktikan dengan melakukan Do`a Dana. Sebagai penutupnya setelah makan bersama kemudian orang-orang saling berjabatan dengan yang punya hajatan.[] - 03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan