Cari

Tutup Iklan

Padepokan Presean Siluman Terbentuk

Padepokan Presean Siluman Terbentuk

LOBAR-Masyarakat Desa Karang Bongkot Kecamatan Labuapi Lombok Barat membentuk Padepokan Presean “Siluman Pengsong” Kamis (24/12). Pembentukan padepokan ini dimaksudkan untuk memberikan wadah

Budaya

Padepokan Presean Siluman Terbentuk

Padepokan Presean Siluman Terbentuk

Zulkifli
Oleh Zulkifli
25 Desember, 2014 13:17:12
Budaya
Komentar: 1
Dibaca: 9063 Kali

LOBAR-Masyarakat Desa Karang Bongkot Kecamatan Labuapi Lombok Barat membentuk Padepokan Presean “Siluman Pengsong” Kamis (24/12).

Pembentukan padepokan ini dimaksudkan untuk memberikan wadah bagi para pepadu (petarung), terlebih untuk menciptakan bibit-bibit pepadu guna melestarikan budaya presean di Lombok.

Pembentukan padepokan presean ini sendiri diinisiasi Karang Taruna Tunas Karya Desa Karang Bongkot bersama sejumlah tokoh masyarakat yang peduli dengan presean.

Maklum saja, Desa Karang Bongkot atau yang lebih dikenal dengan Desa Perampuan memiliki sejarah panjang tentang presean. Sangat banyak pepadu hebat yang lahir di desa ini.

Adapun sejumlah agenda dari padepokan presean ini antara lain melaksanakan latihan rutin setiap minggunya, mengkoordinir pepadu untuk mengikuti pertandingan dan mengadakan pertandingan presean.

Baca Juga :


Presean sendiri  merupakan olahraga yang terbilang ekstrim di Pulau Lombok yang kini sudah menjadi warisan budaya nasional tak benda. Dua pemain saling memukul menggunakan rotan dengan dilengkapi tameng kulit. Lawan dinyatakan kalah apabila menyerah atau mengeluarkan darah di kepala atau juga mendapat poin pukulan lebih sedikit.[] - 05

foto ilustrasi net



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    26 Desember, 2014

    di padepokan itu juga penting ditanamkan sikap kesatria artinya begitu acara presean selesai maka segalanya harus selesai jangan sampai di bawa permusuhan itu sampai ke luar arena presean.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan