logoblog

Cari

Membangkitkan Tradisi Maghrib Mengaji

Membangkitkan Tradisi Maghrib Mengaji

Untuk membangkitkan minat warga membaca Alquran dan mengembalikan tradisi yang sudah lama tidak dipraktikan lagi maka warga Desa Duman secara bertahap

Budaya

KM. Lingsar
Oleh KM. Lingsar
21 Oktober, 2014 14:07:32
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 6515 Kali

Untuk membangkitkan minat warga membaca Alquran dan mengembalikan tradisi yang sudah lama tidak dipraktikan lagi maka warga Desa Duman secara bertahap membentuk disetiap Rukun Tetangga (RT) kelompok-kelompok pengajian yang diistilahkan dengan Kelompok Yasinan, kelompok yasinan disetiap RT ini terbagi menjadi 2 kelompok yaitu laki-laki dan perempuan.
Waktu pelaksanaanya pengajiannya Kelompok Yasinan dilaksanakan setiap Malam dan tempatnya pun sudah ditentukan, untuk Kelompok Perempuan dipusatkan di Mesjid, sedangkan untuk Yasinan kelompok laki-laki dilaksanakan dengan bergilir dirumah setiap anggota,  tidak berhenti sampai disitu, kelompok yasinan juga mengadakan kegiatan simpan pinjam sipatnya swadaya dan diperuntukan bagi warga dan Anggota yang kesulitan.
Koordinator Kelompok Yasinan perempuan Baituridwan Jaisah mengatakan, pengumpulan dana tersebut untuk membantu setiap anggota dan warga dengan cara dipinjami tanpa bunga, Alhamdulillah sekarang sudah terkumpul lebih dari satu juta yang didapat dari Iuran 1000 setiap kali pertemuan,
Kelompok Yasinan di Dusun Duman sudah terbentuk 5 kelompok dari 8 RT yang ada namun ada beberapa RT yang belum terbentuk akan tetapi bergabung ke dalam RT yang lain, kegiatan Kelompok Yasinan ini di inisiasi oleh warga sendiri yang perduli akan keberlanjutan tradisi Magrib mengaji yang sudah hilang.
Saharudin Ketua Kelompok yasinan RT 8 dan 9 mengatakan “saya perihatin dengan keadaan yang sekarang, karena dulu disini (Duman) hampir disetiap rumah warga setelah Sholat maghrib kegiatan Mengaji dilakukan namun sekarang jarang, warga kalah sama acara Televisi.
Lebih jauh lagi Sahar sapaan akrab nya mengungkapkan, Kelompok yasinan ini bukan saja mengaji akan tetapi kami juga melakukan kegiatan silaturahmi antar warga dan kelompok, dengan mengadakan pengajian bergilir di setiap anggota dan untuk menunjang kegiatan tersebut dari segi pembiayaan Kosumsi kami juga melakukan Arisan untuk membantu anggota yang akan menyelenggarakan Kegiatan tersebut.
Kegiatan silaturahmi atau Sambang Rumah istilah warga Kampung Media sudah dilakukan sejak kegiatan pertama kali dan akan tetap dipertahankan, karena Sambang Rumah atau silaturahmi ini sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan antar warga dan anggota, kegiatan Kelompok yasinan RT 8dan 9 ini sudah berjalan 2 tahun lalu dan naggotanya berjumlah 30 orang.
Disamping kegitan keagamaan warga juga membentuk usaha kelompok seperti Kelompok usaha Kolam Ikan yang baru-baru ini sudah mulai dan itu dananya juga swadaya, usaha kelompok ikan ini membantu anggota kelompok untuk membeli Bibit ikan dan nati akan dikembalikan lagi apabila sudah panen. [] - 01
 

 

Baca Juga :




 
KM. Lingsar

KM. Lingsar

Desa Duman, Lingsar - Lombok Barat http://www.dumannis.blogspot.com ihromil islam, okta hadi, siswadi, anjaswadi No Hp. 081917920272

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan