logoblog

Cari

Tutup Iklan

33 Kerajaan Jadi Penampil Terbaik di Kirab FKN IX Bima

33 Kerajaan Jadi Penampil Terbaik di Kirab FKN IX Bima

Sebanyak 33 Kerajaan / Kesultanan menjadi peserta Kirab pasukan di Festival Keraton Nusantara ke 9 (FKN IX) di Bima dengan penampilan

Budaya

Fahrurizki
Oleh Fahrurizki
12 September, 2014 12:40:12
Budaya
Komentar: 2
Dibaca: 10056 Kali

Sebanyak 33 Kerajaan / Kesultanan menjadi peserta Kirab pasukan di Festival Keraton Nusantara ke 9 (FKN IX) di Bima dengan penampilan terbaik dari masing-masing kerajaan. Dalam Kirab FKN IX yang dibuka oleh tuan rumah yang di wakili oleh Hj. Siti Maryam R Salahuddin di lapangan Merdeka Kota Bima Minggu Kemarin (8/9/2014), seluruh peserta menampilkan seluruh potensi budaya daerah masing-masing dengan aneka kreasi.

Peserta yang Kirab pasukan rata-rata menampilkan bukan hanya tarian atau kesenian khas daerah masing-masing namun juga mengkreasikan atribut-atribut kebudayaan daerah dalam bentuk kontemporer atau tetap dalam tradisinya namun menarik serta meriah.

Kerajaan Kutai misalnya, menampilkan tema warna dan keindahan kostum adat derah mereka, dan juga dari Kasepuhan Cirebon misalnya selain tarian juga menyisipkan semacam alur cerita singkat yang sesuai dengan tema yang dilakukan dengan penampilan kisah masuknya Islam di Cirebon. Dan juga Penampilan dari Kerajaan Manggarai - Flores yaitu permainan Caci yang sangat memukai.

Tuan rumah Kesultanan Bima, menampilkan bukan hanya Rimpu dan Lenggo namun juga kesenian seperti kalero Donggo, Sementara yang lebih menjadi pusat perhatian yaitu hadirnya Kerajaan Sanggar dari Kore yang membuat kejutan untuk FKN IX di Bima dan para penontonpun menyambut Kerajaan Sanggar dengan applaus yang meriah.

 

Baca Juga :


Diawali dari lapangan Merdeka Kota Bima, peserta kirab kemudian menuju Lapangan Pahlawan Raba, Ribuan masyarakat baik yang berada di Lapangan, Jalan protocol Soekarno-Hatta dan seputar Kota Bima antusias menyaksikan kirab tersebut. () -01



 
Fahrurizki

Fahrurizki

Traveller Kampung, Writer Traveller , My Blog www.fahrurizki19.wordpress.com

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. Fahrurizki

    Fahrurizki

    13 September, 2014

    apresiasi masyarakat Bima sungguh sangat luar biasa, karena mereka dapat menyaksikan langsung beberapa kesenian dari berbagai daerah..sangat meriah


  • KM Kaula

    KM Kaula

    12 September, 2014

    Bisa dibayangkan betapa meriahnya kegiatan itu, pasti yang hadir akan merasa hanyut terbawa arus seolah-olah hidup ratusan tahun silam.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan