logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rowah Lebaran Topat

Rowah Lebaran Topat

Setelah melaksanakan Puasa Ramadhan dan diakhiri oleh Hari Raya Idul Fitri dan tidak sedikit pula yang melanjutkn puasanya dibulan Syawal yaitu

Budaya

Desa Mekar Sari Narmada
Oleh Desa Mekar Sari Narmada
06 Agustus, 2014 16:38:35
Budaya
Komentar: 2
Dibaca: 9745 Kali

Setelah melaksanakan Puasa Ramadhan dan diakhiri oleh Hari Raya Idul Fitri dan tidak sedikit pula yang melanjutkn puasanya dibulan Syawal yaitu dengan melaksanakan puasa sunnah 6 hari diawal bulan Syawal mulai dari tanggal 2 sampai tanggal 7 dan untuk puasa sunnah ini masyarakat Sasak yang ada di Pulau Lombok mengakhirinya dengan Rowah Lebaran Topat.

Topat yang dalam bahasa Indonesia berarti Ketupat adalah makanan khas yang selalu ada saat peringatan Lebaran Topat, Lebaran Topat dilaksanakan seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri tepatnya setiap tanggal 8 Syawal, perayaan ini dimaksudkan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas telah selesainya pelaksanaan ibadah puasa sunnah 6 hari dibulan Syawal.

Acara Lebaran Topat merupakan tradisi yang sudah dilaksanakan selama puluhan tahun sejak jaman nenek moyang dahulu dan masih berlangsung sampai sekarang, bahkan saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Lombok sudah menjadikan Lebaran Topat sebagai acara rutin setiap tahun dan sudah menjadi salah satu bagian dari promosi pariwisata budaya.

Lebaran Topat diisi dengan kegiatan syukuran bersama atau disebut Rowah Lebaran Topat, acara rowah yang dilaksanakan pada pagi hari dan biasanya dilaksanakan di Masjid, Musholla, Santren dan Langgar yang diikuti oleh seluruh warga. Kira-kira pukul setengah delapan pagi tokoh agama ataupun tokoh masyarakat mengumumkan kepada warga tentang pelaksanaan Rowah Lebaran Topat melalui pengeras suara Masjid atau Mushalla, seperti yang terlihat didusun Tempit Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada setelah mendengarkan pengumuman dari Kepala Dusun, warga yang dari pagi sudah bersiap-siap segera menuju ke Masjid dengan membawa Dulang Rowah yang didalamnya berisikan makanan yang akan disantap bersama diakhir acara rowah.

 

Baca Juga :


Biasanya menu dibuat untuk isi Dulang Rowah bervariasi mulai dari opor ayam, telur, daging dan yang tidak boleh ketinggalan adalah Olah-Olah yaitu sayuran yang dikasi bumbu rempah-rempah disajikan bersamaan dengan potongan  Ketupat.  Rakmah 43 tahun Salah seorang warga yang mengikuti acara Rowah Lebaran Topat tersebut mengakui kalau dirinya sejak kecil sudah terbiasa mengikuti acara ini karena sudah menjadi tradisi dikalangan keluarganya.

Rakmah mengatakan bahwa untuk persiapan pelaksanaan Rowah Lebaran Topat ini mulai dilaksanakan sejak malam harinya, mulai dari mempersiapkan menu makanan dan sajian khas Lebaran Topat seperti membuat Topat, Lauk dan Sayur serta panganan lainnya. Untuk warga disekitar sini lanjut Rakmah, setelah pelaksanaan Rowah selesai maka sebagian besar warga akan menghabiskan hari Lebaran Topat ini dengan berekreasi ketempat-tempat wisata yang ada dipulau Lombok. [] - 05



 
Desa Mekar Sari Narmada

Desa Mekar Sari Narmada

Posisi di Narmada Kabupaten Lombok Barat NTB TIM : Abdul Satar, Zikrul Hamdani, Rizal Basri, H Abd. Rahim Salim, Abdul Mustar, Maryatun Hasanah Email : satar.tempit@gmail.com HP : 087864350004

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    07 Agustus, 2014

    mudah-mudahan, roah lebaran topat bisa menjadi stimulate bagi warga untuk melaksanakan puasa sunat 6 hari di bulan syawal yang dimuai dari tanggal 2 sampai tanggal 7 bulan syawal.


    1. Desa Mekar Sari Narmada

      Desa Mekar Sari Narmada

      14 Agustus, 2014

      isya Allah almukarrom... terus berdakwah dengan memberikan contoh lama-lama pasti warga kampung terbiasa dengan puasa syawal


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan