logoblog

Cari

Ziarah Kubur

Ziarah Kubur

Bahagia saat Lebaran tidak saja dirasakan oleh orang-orang yang masih diberikan umur panjang oleh  Allah SWT namun juga mungkin dapat dirasakan

Budaya

Desa Mekar Sari Narmada
Oleh Desa Mekar Sari Narmada
31 Juli, 2014 09:14:48
Budaya
Komentar: 1
Dibaca: 10847 Kali

Bahagia saat Lebaran tidak saja dirasakan oleh orang-orang yang masih diberikan umur panjang oleh  Allah SWT namun juga mungkin dapat dirasakan oleh orang yang sudah meninggal dunia, karena saat hari Lebaran tiba semua keluarga baik anak, saudara, cucu serta kerabat dekat lainnya datang menziarahi mereka yang sudah mendahului.

Tradisi Ziarah Kubur dilakukan setelah selesai melakukan Sholat Idul Fitri seperti yang tampak disebagian besar  pekuburan umum yang ada diwilayah Narmada, dari hasil pantauan kami pekuburan umum selalu ramai dipenuhi oleh para peziarah setelah mereka  selesai menunaikan Sholat Ied, seperti yang terlihat dipekuburan umum dusun Tempit Desa Mekar Sari mulai jam 09.00 pagi sudah tampak dipenuhi oleh peziarah.

Hal yang sama juga terlihat dipekuburan umum yang berada didusun Dasan Kebon Desa Sembung terlihat sangat ramai, pekuburan ini cukup luas sehingga banyak sekali orang yang sudah dikuburkan ditempat ini. Peziarah yang datang bukan hanya berasal dari warga desa Sembung namun juga dari desa-desa sekitarnya, bahkan ada beberapa orang peziarah yang berasal dari luar kecamatan Narmada seperti dari Labuapi dan Kediri.

H. Hambali 54 tahun seorang peziarah dari dusun Lendang Re Desa Sembung mengungkapkan kalau tradisi ziarah kubur rutin dilakukan setiap selesai sholat Idul Fitri, H. Hambali datang bersama keluarga besarnya, dalam berziarah kami berzikir dan berdoa mudah-mudahan keluarga yang sudah mendahului dipanggil oleh Yang Maha Kuasa diterima segala amal ibadahnya dan diberikan tempat yang layak disis-NYA.

 

Baca Juga :


Pemandangan sedikit berbeda ketika kami berada dipekuburan umum Lendang Guar yang berada didesa Krama Jaya, dipekuburan umum terbesar didaerah Narmada itu masih tampak sepi hanya beberapa orang peziarah yang tampak sedang khusuk berdoa, menurut H. Jamiludin seorang warga sekitar Pekuburan mengatakan bahwa pekuburan umum ini akan ramai dikunjungi peziarah pada sore hari setelah Asyar, setiap sore Hari Raya Idul Fitri peziarah sampai ribuan orang yang memadati pekuburan ini. Namun akhir-akhir ini para peziarah sangat terganggu oleh bunyi petasan yang banyak sekali dibakar saat peziarah sedang memadati  pekuburan ini. () -01



 
Desa Mekar Sari Narmada

Desa Mekar Sari Narmada

Posisi di Narmada Kabupaten Lombok Barat NTB TIM : Abdul Satar, Zikrul Hamdani, Rizal Basri, H Abd. Rahim Salim, Abdul Mustar, Maryatun Hasanah Email : satar.tempit@gmail.com HP : 087864350004

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    31 Juli, 2014

    lagi-lagi petasan yang jadi pengganggu, mari kiita mohon kepada bapak polisi untuk mengajak kita membangun gerakan bersama anti petasan, sehingga orang yang buat, yang dagang, yang beli, yang bawa dan yang membunyikan supaya di tangkap dan diamankan satu atau dua minggu dalam tahanan biar mereka bisa jera.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan