logoblog

Cari

Pemuda Tidak Boleh Melupakan Tradisi

Pemuda Tidak Boleh Melupakan Tradisi

Setiap kampung dmana ada sekumpulan warga pasti memiliki tradisi atau kebudayaan tersendiri. Hal itulah kemudian menjadi salah satu kekuatan masyarakat yang

Budaya

KM Mutiara *9
Oleh KM Mutiara *9
20 April, 2014 07:03:30
Budaya
Komentar: 2
Dibaca: 8690 Kali

Setiap kampung dmana ada sekumpulan warga pasti memiliki tradisi atau kebudayaan tersendiri. Hal itulah kemudian menjadi salah satu kekuatan masyarakat yang ada di masing-masing kampung. Apabila di dalam sebuah kampung terdapat tradisi/ kebudayaan yang masih bersifat baik maka menjadi sebuah kewajiban bagi kaum muda di tempat itu untuk merawat serta menjaga tradisi tersebut.

Dengan melihat farameter apakah tradisi tersebut bersifat baik apabila masih menyimpan manfaat atas kehidupan bermasyarakat di dalamnya. Selain itu tradisi tersebut masih relevan atas kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat, seperti contoh; tradisi tahlilan, kebiasan bermusyawarah bagi warga kampung, melestarikan gawe rapah, gemar berziarah kubur,  dll. Semua tradisi ini tentu masih banyak mengandung manfaat, baik manfaat social atau selebihnya manfaat spiritual bagi masyarakat di dalamnya. Lanjutan artikel ini, silahkan klick salam dari kampung untuk download.

 

Baca Juga :




 
KM Mutiara *9

KM Mutiara *9

KM. Mutiara "Zikir_Fikir_Amal Shaleh" Hp: 081999801080

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. rozi arianto

    rozi arianto

    20 April, 2014

    benar apa yang dikatakan dalam kalimat diatas bahwa pemuda tidak lepas dari tradisi-tradisi budaya di daerahnya,semakin hari seiring berkembangnya zaman semakin hilangnya tradisi-tradisi adat istiadat di daerah kita,ini kurang nya pemahaman atas tradisi.


    1. KM Mutiara *9

      KM Mutiara *9

      21 April, 2014

      kalau mahasiswa yang membaca artikel ini mungkin mereka akan berfikir bahwa selama ia kuliyah mereka akan sadar atas tanggung jawab utamanya sebagai mahasiswa, yahni untuk kuliyah/menuntut ilmu. akan tetapi jika lebih dalam mereka maknai keberadaannya selaku mahasiswa setelah output dari kampus tentulah mereka berfikir bahwa "tujuan utama belum tentu menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat". sehingga mempelajari tradisi-tradisi yang sudah lama melekat dalam kehidupan bermasyarakat semestinya jauh hari sebelumnya mereka harus mempelajarinya. sehingga melalui sikap inilah kemudian mahasiswa tersebut akan lebih mudah bergaul serta beradaptasi dengan masyarakat nantinya.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan