logoblog

Cari

Wayang Kulit Masih Diminati

Wayang Kulit Masih Diminati

Km rumah panggungku. Acara hiburan bagi warga desa santong kecamatan kayangan,kabupaten Lombok utara. 1- 3- 2014.  persembahan dari kepala desa baru 

Budaya

KM. Rumah Panggungku
Oleh KM. Rumah Panggungku
02 Maret, 2014 13:18:03
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 16456 Kali

Km rumah panggungku. Acara hiburan bagi warga desa santong kecamatan kayangan,kabupaten Lombok utara. 1- 3- 2014.  persembahan dari kepala desa baru  terpilih H.M.zaeni anshori dan sebagai dalang H.L Nasib AR,yang sudah 12 tahun mengilang kini hadir lagi menghibur warga santong dan sekitarnya.

Inilah wayang kulit asli Lombok. Bisa di katakan hampir  punah,  namun lain halnya di desa santong dan sekitarnya,ternyata masih banyak yang meminati wayang tersebut. Ini terbukti dari antusiasme warga yang turut menyaksikan pergelaran acara wayang kulit yang mencapai ribuan orang memadati lapangan umum santong, Karna pungsinya bukan saja hiburan akan tetapi karna didalam pementasan wayang itu juga diperoleh mafaat sangat berharga bagi penggemarnya, gambaran - gambaran tentang kebaikan dan kejahatan serta nilai-nilai agamis yang bisa di petik dari penyampaian oleh seorang dalang melalui pertunjukan wayang tersebut.

Didalam pertujukan wayang secara umum di kenal dua jenis pemeran tokoh yaitu tokoh baik dan tokoh jahat, dimana tokoh baik juga dapat di sebut wayang kanan, dan tokoh jahat juga dapat di sebut wayang kiri, secara garis besar wayang memiliki mkna simbolis bagi masyarakat suku sasak, dan memiliki makna yang sangat berharga, makna itu di sirat melalui peran-peran tokoh wayang yang dilakoni, namun di balik yang nyata terdapat pula makna-makna simmbolis yang tersirat di balik yang tersurat .                     Kita mengetahui bahwa pelaku utama beserta instrumennya merupakan pelengkap.ada pun pesan-pesan moral dan bagai mana memempersatukan  warga Lombok utara umumnya ususnya desa santong bagai mana pembagunan dengan dukungan masarakat dan teranparasi maju dan beradap. [] - (01)

 

Baca Juga :


 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan