logoblog

Cari

Hikayat Zikir, Ziarah Makam Loang Balok

Hikayat Zikir, Ziarah Makam Loang Balok

KM.Mellbao: Ziarah makam sudah menjadi sudah menjadi tradisi dikalangan Islam di Lombok terutama menjelang lebaran. Seperti halnya yang terus berlansung di

Budaya

Hikayat Zikir, Ziarah Makam Loang Balok


Ahyar ros
Oleh Ahyar ros
14 Februari, 2014 17:20:55
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 25684 Kali

KM.Mellbao: Ziarah makam sudah menjadi sudah menjadi tradisi dikalangan Islam di Lombok terutama menjelang lebaran. Seperti halnya yang terus berlansung di makam Loang Balok. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. Beberapa di antaranya membawa bekal makanan. Di dalam area pemakaman, seorang lelaki mengenakan bersarung mempin zikir dan doa. 

Lalu diikuti oleh anggota rombongan yang lain. Doa-doa dipanjatkan, memohon kesehatan, dan keselamatan. Termasuk dengan mendoakan anggota keluarga yang masih hidup atau pun yang sudah meninggal dunia. jum'at, 14 Pebruari 2014.

Ziarah makam ini merupakan tradisi yang setiap tahun dilakukan warga di Lombok termasuk warga kecamatan Ampenan.  Ziarah makan dan doa keselamatan tersebut dilakukan biasanya usai lebaran. Selain ziarah makam dan doa keselamatan warga juga bersilaturrahmi dengan sanak saudara mereka juga menyempatkan diri berziarah ke makam para ulama yang sudah meninggal.

 ”Kami datang ke sini ingin bersilaturrahmi dengan ulama yang sudah mengajarkan kami agama Islam,” kata Ahmad, penziarah yang datang dari Lombok Timur.

 

Baca Juga :


Menurutnya, mereka patut diberikan penghormatan dengan tetap mengingat jasa dan amal naiknya. Tanpa merek Islam tidak akan berdiri tegak di Lombok. Makam Loang Balok sendiri merupakan makam ulama besar. 

Pada tahun 1866, ulama besar bernama Maulana Syekh Gauz Abdul Razak atau yang dikenal dengan nama lain Sayyid Tohri yang datang dari jazirah Arab datang untuk menyebarkan Islam. Ia kemudian tiba di Palembang, selanjutnya mendarat di tepi pantai Ampenan, lalu kemudian mengajarkan Islam di Lombok sampai meninggal kemudian di makamkan di Loang Balok. (yar)      



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan