logoblog

Cari

pawai maulid

pawai maulid

Perayaan mauled nabi Besar Muhammad SAW, merupakan salah satu hari besar Islam yang selalu disambut meriah oleh masyarakat Lombok. Perayaan dilakukan

Budaya

KM. Abiantubuh
Oleh KM. Abiantubuh
21 Januari, 2014 09:40:44
Budaya
Komentar: 0
Dibaca: 10558 Kali

Perayaan mauled nabi Besar Muhammad SAW, merupakan salah satu hari besar Islam yang selalu disambut meriah oleh masyarakat Lombok. Perayaan dilakukan dengan cara yang berbeda. Beberapa tempat di Lombok, masyarakatnya memperingati perayaan kelahiran Nabi akhir zaman tersebut dengan cara yang unik, sesuai tradisi lokalnya. Di wilayah Sandubaya, kemeriahan perayaan mauled bahkan berlangsung sejak seminggu sebelum acara puncak dilaksanakan. Beberapa kampong di Abiantubuh Baru misalnya melaksanakan kegiatan mauled pada hari yang berbeda-beda. Mereka melkasanakan kegiatan mauled secara bergiliran, satu kampong dengan lainnya. Cara ini dilakukan agar mereka bisa saling mengundang dan saling mengunjungi satu keluarga dengan lainnya.

Di masjid Subulassalam Karang Bata, acara mauled biasanya berlangsung tepat sesuai kalender mauled, yang bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal. Pada perayaan tahun ini, banyak sekali kegiatan yang dilaksanakn. Seminggu sebelum kegiatan mauled dilangsungkan, remaja masjid telah meniarkan melalui corong masjid beberapa lomba yang diadakan. Kegiatan yang terkait dengan dunia pendidikan berlangsung di masjid pada malam hari ba’da shalat Isya’. Sementara siang harinya beberpa remaja mempersiapkan pohon pinang yang akan dipakai untuk lomba panjat pinang.

Ust Roja selaku salah seorang panitia lingkungan bolak-balik mencari dana agar panjat pinangnya bisa sukses. “ Saya bersyukur banyak donator yang membantu hingga acara panjat pinang in ibis adilaksanakan” katanya disela-sela acara panjat pinang. Opal salah satu peserta panjat pinang tampak berlarian setelah berhasil meraih salah satu hadiah yang digantung panitia. Begitu pula dengan Eza, yang berhasil meraih baju dan gantungan baju. “ saya senang ikut panjat pinaang “ kata Eza.

 

Baca Juga :


Acara lainnya adalah parade Khataman. Mereka yang akan dikahatam pada hari itu (14/1) diwajibkan ikut parade. (wan



 
KM. Abiantubuh

KM. Abiantubuh

Komunitas Kampung Media Abiantubuh, dari Abiantubuh kami menyapa dunia.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan